Jumat, 20 Desember 2013

peranan teknologi dalam bidang pendidikan


PERANAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Teknologi bagi para pelajar termasuk kami, adalah hal yang sangat membantu dalam proses pembelajaran,

Saya pernah menceritakan tentang pengalaman saya , pada saat tidak masuk sekolah karena sakit dan ketinggalan pelajaran yang menurut saya sulit untuk di mengerti, lalu saya memanfaatkan teknologi untuk belajar menggunakan laptop dan berselancar di dunia internet dan mencari artikel tentang pelajran yang kurang saya mengerti tadi, dan saya masuk ke situs wikipedia dan belajar di sana
Selain untuk belajar di internet masih banyak kegunaan teknologi menurut saya ada 3 kegunaan lain yaitu : sebagai sumber data dan informasi, sebagai sarana pertukaran data dan informasi, dan juga sebagai sarana belajar yang mengasyikan.

Dalam internet juga terdapat banyak forum-forumdiskusi yang gunanya untuk bertukar informasi seperti www.kaskus.co.id/ dan id.answers.yahoo.com/
Dan juga jejaring sosial sebagai tempat pertukaran data seperti facebook.com dan twitter.com
Banyak guru yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana belajar yang menyenangkan contohnya, mengerjakan tugas di laptop dan hasilnya di upload ke jejaring sosial seperti facebook.com dan bisa juga dalam bentuk video dokumentasi dan di upload ke situs youtube.com

 Namun tidak sedikit guru yang menganggap teknologi hanya menambah pekerjaan dan enggan menggunakan teknologi tersebut, hal itu di karenakan perbedaan jaman dimana guru lahir teknologi belum berkembang dan dimana jaman para murid lahir sudah berkembang dan sudah tahu manfaat dari teknologi itu

mungkin pada jaman guru kita masih sekolah guru menjelaskan pelajaran di depan hanya menggunakan kapur puti
Namun pada jaman kita,kita sudah menggunakan spidol atau proyektor sebagai alat guru menjelaskan pelajaran atau persentasi
Dan juga pada saat ulangan yang dulunya kita minimal di awasi 2 orang guru/pegawas namun sekarang sudah di gantikan dengan CCTV dan hanya memerlukan 1 orang pengawas yang mengawasi semua kelas..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Add your comment please..